Sabtu, 11 November 2017

Cara dan Syarat Mendapatkan Rumah Subsidi

Blognya Pevi - Rumah subsidi memang bisa dijadikan solusi bagi mereka yang belum memiliki rumah karena mahalnya harga rumah yang dijual. Dengan membeli rumah subsidi, masyarakat bisa mendapatkan rumah dengan harga yang cukup terjangkau serta fasilitas kredit yang mudah. Kendati dijual dengan harga terjangkau, sebaiknya kamu jangan asal membeli rumah subsidi, karena banyak rumah subsidi yang dijual dengan kondisi ala kadarnya. Contohnya seperti infrastruktur menuju lokasi yang kurang baik, atau masalah sanitasi.

Rumah Subsidi
Ilustrasi
Nah, agar hal tersebut tidak terjadi pada diri kamu, sebaiknya sebelum membeli rumah dijual di Sidoarjo, kamu harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini :

 Pilih rumah yang tidak terlalu jauh dari kantor
Pilih lah lokasi rumah yang tidak terlalu jauh dari tempat bekerja, hal ini sangat penting, karena jangan sampai kamu harus mengeluarkan biaya besar untuk ongkos pergi kekantor atapun stress karena keletihan.

Lihat track record pengembang
Saat ini banyak sekali pengembang yang memproduksi rumah subsidi, pastikan bahwa pengembang tersebut memang memiliki pengalaman yang baik membangun rumah. Tanyakan kepada pengembang kapan rumah yang sudah dibeli akan selesai dibangun. Biasanya pembuatan rumah subsidi cukup cepat tidak sampai satu tahun.

Periksa kondisi air
Saat selesai dibangun, biasanya rumah subsidi tidak langsung dipasang jaringan listrik ataupun air, untuk itu pastikan kepada pihak pengembang agar segera memasangkan aliran air dan listrik, jangan sampai setelah ditinggali kamu akan bingung untuk mencari air.

Pastikan kualitas bangunan baik
Pastikan rumah memiliki kualitas material yang baik, bagi mereka yang membeli rumah subsidi dengan cara inden, sebaiknya harus sering datang ke lokasi dibangun rumah. Di sana kamu bisa memantau langsung proses dibangunnya rumah dan melihat secara langsung apakah bahan material yang digunakan sudah sesuai dengan yang dijanjikan oleh pengembang.  

Periksa septic tank
Selain itu yang perlu diperhatikan adalah urusan sanitasi, pastikan septic tank dibuat dengan ukuran yang selayaknya yakni minimal 1,5 meter ke bangunan.Sementara jarak dari septic tank ke sumur pompa air bersih minimal 10 meter.

Pilih rumah jauh dari banjir
Pilihlah rumah subsidi yang jauh dari lokasi rawan banjir, karena kendati dibeli dengan harga yang terjangkau, pasti kamu tidak mau setiap musim hujan harus kerja bakti membersihkan rumah bukan? Selain itu, guna memudahkan aktifitas kamu sebaiknya pilihlah lokasi rumah yang dapat dilalui oleh alat transportasi umum.

CARA MENDAPATKAN RUMAH SUBSIDI
Adanya Rumah Subsidi memang sangat membantu masyarakat Indonesia yang ingin memiliki rumah dengan bujet terbatas. Hanya saja, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi masyarakat berpenghsailan rendah saat akan mengajukan rumah subsidi.
Pasalnya, program ini memang dikhususkan bagi keluarga menengah ke bawah yang sama sekali belum pernah memiliki rumah pribadi. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar bisa mendapatkan rumah dijual di Sidoarjo bersubdisi.

Memiliki Pendapatan yang Sesuai
Menurut peraturan pemerintah, calon pemilik rumah subsidi harus memiliki penghasilan maksimal Rp 4 juta. Biasanya, pihak bank akan meminta kamu untuk menyertakan slip gaji untuk membuktikan besaran gaji yang kamu terima setiap bulannya.

Jarak Rumah ke Lokasi Bekerja
Salah satu syarat untuk memiliki rumah subsidi adalah harus segera menempatinya segera setelah didapatkan. Karena itu, carilah lokasi rumah subsidi yang tidak terlalu jauh dari tempat kamu bekerja. Jika terlalu jauh, kamu dinilai bakal sering meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.  

Kredit Mobil
Sebelum mengajukan rumah subsidi, periksa dulu sejarah transaksi kamu. Jika kamu pernah membeli mobil secara tunai, rumah subsidi masih bisa diperoleh. Tetapi kamu tak mungkin dapat memiliki rumah subsidi jika pernah tercatat mengajukan cicilan mobil. Pasalnya, salah satu syarat untuk mendapatkan rumah subsidi adalah calon pemilik harus belum pernah memiliki kredit mobil sebelumnyai.

Cicilan Rumah atau Apartemen
Jika kamu pernah mencicil rumah atau apartemen sebelumnya, besar kemungkinan permohonan kamu untuk memiliki rumah subsidi tidak diloloskan. Program rumah subsidi ini hanya ditujukan kepada mereka yang belum pernah mengajukan kredit tempat tinggal.

Status dalam Pekerjaan
Jika kamu berstatus karyawan, pastikan status kamu bukan karyawan kontrak. Untuk program rumah subsidi, kamu harus berstatus karyawan tetap selama minimal dua tahun tahun. Pasalnya, angsuran rumah berlangsung relatif panjang. Status karyawan tetap menjadi salah satu hal yang bisa menjamin tidak akan ada kemacetan dalam membayar cicilan.

Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
Setiap pemohon haruslah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak untuk mempermudah proses pembelian rumah. Selain itu, kamu juga harus melampirkan surat keterangan penghasilan dari perusahaan tempat bekerja.

Rumah harus dihuni sendiri
kamu wajib menempati rumah subsidi ini untuk pribadi dan tidak menjadikannya lahan komersial. Dalam hal ini, rumah yang berhasil kamu miliki tidak boleh disewakan atau dialihkan ke pihak lain sebelum lima tahun untuk rumah tapak atau 20 tahun untuk rumah susun.

Belum pernah menerima subsidi lain dari pemerintah
Adapun objek yang berhak menerima KPR FLPP ini adalah masyarakat Indonesia kelas menengah ke bawah yang sama sekali belum pernah menerima subsidi lain dari pemerintah. Subsidi atau bantuan itu bisa berupa penerimaan rusunami.

Ada baiknya harga rumah yang murah tidak lantas membuat kita langsung mengambil keputusan membeli sebuah rumah, faktor yang disebut diatas hanya segelintir kecil aspek-aspek yang sebaiknya dipertimbangkan dan dipikirkan lebih mendalam sebelum mengambil keputusan.

Cara dan Syarat Mendapatkan Rumah Subsidi
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

Berkomentar yang relevan, jangan menitipkan link aktif.