Sabtu, 19 November 2016

Solusi Dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Blognya Pevi - Petumbuhan Anak yang baik dapat dengan membandingkan berat atau tinggi badan terhadap umur, atau dengan membandingkan berat terhadap tinggi badan. Grafik pertumbuhan yang disarankan digunakan oleh WHO, telah di gunakan di Indonesia dalam bentuk kartu menuju sehat (KMS). Oleh sebab itu, sangat penting melakukan penimbangan berat dan pengukuran tinggi badan dan mencatatkannya pada grafik untuk memantau pertumbuhan.

Bagaimanapun juga setiap orang tua sangat mengharapkan anaknya tumbuh sehat dan aktif. Tetapi jika anak telah susah untuk diajak makan maka ibu perlu tahu Kenapa Anak Susah Makan ? Berikut akan kita bahas bagaimana cara mengatasi anak susah makan satu persatu;

Anak susah makan
Ilustrasi
Cara Mengatasi 1 : Terapi Bermain dan Jadikan Saat Makan Menyenangkan
Biasanya cara ini dilakukan pada anak yang masih kecil hingga usia batita. Saat bermain, orangtua bisa mengamati dan menganalisis bagaimana pola bermain anak dari kisah-kisah yang diperlihatkan. Lewat terapi bermain, konflik permasalahan anak dapat ditelusuri, kemudian diatasi sesuai penyebabnya. Hindari mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti anak agar ia makan lebih banyak. Ini akan membuatnya merasa bahwa saat makan merupakan saat yang tidak menyenangkan. Dan bukan tak mungkin menimbulkan trauma psikologis baginya

Cara Mengatasi 2 : Mengajarkan perilaku makan yang baik dan Makan Teratur
Sediakan menu makanan yang bervariasi agar anak mengenal banyak rasa dan jenis makanan. Jadilah model yang baik dengan membiasakan makan bersama di meja makan. Makan bersama merupakan ajang interaksi penting antara orangtua dan anak. Orangtua juga bisa menjadi teman menyenangkan di meja makan. Dengan begitu, hubungan orangtua dan anak semakin erat. Makan teratur atau sesuai dengan jadwal anak biasa makan adalah salah satu dari 6 Solusi Mengatasi Anak Susah Makan yang efektif. Jadwalkan waktu makan dengan teratur, agar si kecil terbiasa dengan waktu makannya. Sama halnya dengan waktu tidur, mandi dan sebagainya.

Cara Mengatasi 3 : Beri cemilan sehat dan Menarik
Setelah bisa berjalan, si kecil gemar bereksplorasi dengan lingkungannya. Apalagi ketika memasuki usia 2 tahun, aktivitasnya semakin banyak saja. Ini mungkin membuatnya sulit untuk duduk manis dan makan dengan tenang. Untuk menyiasatinya, berikan ia cemilan sehat dalam porsi kecil namun beragam. Misalnya saja bola-bola kentang isi wortel dan daging cincang, sus mini isi fla coklat, donat tabor keju, dan sebagainya.

Cara Mengatasi 4 : Berikan Reward
Jika anak anda susah makan, kenapa tidak coba memberikan reward atau hadiah kepada mereka. Anak kecil biasanya sangat menyukai pemberian dari orang tua. Hal ini akan sangat membantu anak anda yang malas makan menjadi lahap. Bukankah kita sewaktu kecil begitu bersemangat jika orang tua menjanjikan sesuatu ketika kita menuruti kemauan mereka ? anak anda juga sama.

Sebagai orang tua tentu anda perlu memilih reward atau hadiah yang mendidik, misal rekreasi ke kebun binatang. Hal ini selain bagus untuk merangsang anak anda makan juga akan memberikan dampak positif terhadap diri mereka.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Diatas dapat dipraktekkan oleh ibu untuk mengatasi kondisi anak yang susah makan. Selain itu juga anda bisa mempraktekan Cara Mengatasi Anak Susah Makan Dengan Laperma Platinum yang sudah banyak dilakukan ibu-ibu Indonesia. Pada dasarnya membuat anak menyukai makan tidaklah sulit. Hal tersebut kembali kepada keluarga dan ibu untuk selalu kreatif memodifikasi dan menatur pola makan bagi anak.
Solusi Dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

Berkomentar yang relevan, jangan menitipkan link aktif.