Jumat, 01 April 2016

Ramuan Alami Atasi Hidung Tersumbat


Hidung tersumbat adalah gejala ringan yang bisa terjadi kapan saja. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya cuaca dingin, alergi, pilek, infeksi akibat polusi, hingga sinusitis. Ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat, tergantung dari diagnosis dokter. Jika hidung tersumbat dalam waktu yang lama dan berjangka, bisa saja mengindikasikan gejala dari penyakit serius dan tentunya membutuhkan penanganan khusus.

Namun,  jika hidung tersumbat karena gejala ringan seperti flu atau faktor cuaca, sebaiknya gunakan cara alami untuk meredakannya, misalnya dengan konsumsi beberapa makanan. Berikut beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi hidung tersumbat. Seperti dilansir dari laman Boldsky.

Minum cukup air

Cara ini sangat sederhana dan tidak mesti air putih karena cairan pun bisa Anda dapat melalui buah-buahan. Pastikan tubuh tetap terhidrasi sehingga tenggorokan tetap lembap. Hindari kafein karena
sifatnya diurretik dan akan membuat Anda dehidrasi.

Vitamin C

Vitamin C mampu mengurangi durasi pilek. Perbanyak konsumsi buah sitrus seperti jeruk atau lemon karena tidak hanya mengurangi pilek, buah-buahan ini dapat memperkuat imun.

Minuman hangat
Minuman hangat dapat meredakan hidung tersumbat, mencegah dehidrasi dan meredakan iritasi pada hidung dan tenggorokan.

Jahe

Mencampur satu sendok teh jahe serut dengan segelas air hangat diketahui mampu mengatasi pilek. Atau Anda bisa menyeduh teh jahe, lemon dan madu.
Teh jahe.

Bawang putih

Antivirus pada bawang putih bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti flu, pilek atau radang sinus. Aroma dan cita rasa bawang putih yang tajam mampu mengatasi hidung tersumbat.

Lada

Mungkin cara ini tidak begitu biasa dilakukan banyak orang. Namun, membuat seduhan lada hitam, madu dan air hangat mampu membuat hidung terasa lebih baik
Ramuan Alami Atasi Hidung Tersumbat
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

Berkomentar yang relevan, jangan menitipkan link aktif.